0 item in the bag

No products in the cart.

Apa Itu SSD ? Apa Fungsi Penggunaan SSD Pada Laptop / CPU Kamu ?

MediaComputerBali.com – SSD adalah singkatan dari Solid State Drive adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Perangkat SSD menanamkan chip memori berbasis silikon sebagai media penyimpanan untuk menulis dan membaca data persisten . SSD , juga dikenal sebagai flash drive atau kartu flash, dimasukkan ke dalam slot di komputer server – disebut sebagai penyimpanan flash server-side – atau sebagai bagian dari sistem penyimpanan berbagai perusahaan flash.

Sebagai analogi, kita mungkin tidak asing lagi dengan USB Flash Drive atau USB Thumb Drive atau USB memory stick. Sebuah alat elektronik yang kita gunakan untuk menyiman data, yang sering kita bawa ke mana-mana, yang dicolokkan pada terminal USB komputer saat ingin mengambil atau menyimpan data.

SSD bisa dianggap sebagai versi canggih dari USB Flash drive dengan kapasitas yang jauh lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti Hardisk yang selama ini digunakan pada perangkat komputer.
Jadi SSD adalah perangkat elektronik yang berfungsi menyimpan data seperti hardisk (HDD : Hard Disk Drive) namun konstruksinya seperti USB Flash Drive, yang tersusun dari beberapa IC sebagai memori.

Kecepatan Baca Tulis SSD

SSD menyediakan kinerja puncak untuk booting dan kinerja baca/tulis yang tinggi untuk mendukung komputasi yang memerlukan kapabilitas multitugas yang lebih baik. Pada bagian inilah SSD menunjukan perbedaan yang sangat signifikan. Kecepatan baca tulis SSD bahkan 8 kali lebih cepat dibanding dengan HDD. PC yang terpasang SSD dapat melewati proses booting dalam hitungan detik, pastinya tidak melebihi 1 menit. Sedangkan waktu yang dibutuhkan HDD lebih lama tergantung dengan spesifikasi, dan yang pasti tidak lebih cepat bila dibandingkan dengan SSD.

Salah satu faktor penyebabnya adalah SSD tidak menggunakan piringan berputar atau faktor mekanik sangat membatasi kemampuan elektronik dari HDD.

Kesimpulanya :

Untuk saat ini, SSD menjadi pilihan untuk membantu meningkatkan kecepatan Boot Up pada Laptop atau PC kamu. Walaupun harganya masih relatif lebih mahal dibanding dengan kapasitas yang di tawarkan. Namun, dari segi kecepatan , SSD jauh melampaui dari kecepatan yang di tawarkan oleh HDD. Jadi kesimpulanya, penggunaan SSD pada Laptop / CPU kamu akan sangat membantu kinerja pada kecepatan Boot up maupun pengoperasianya. Hal ini tidak akan kamu dapatkan jika masing menggunakan HDD.

Sumber : ubaya.ac.id

 

Bagikan