Cara Upgrade SSD M.2 NVME ASUS TUF FX505GD

 

Guys, ada yang punya Laptop ASUS TUF type FX 505GD tidak, laptop yang memiliki spesifikasi cukup tinggi dizamanya ini masih oke digunakan ditahun 2021 loh. Dengan spesifikasi standar bawaan pabrikan yaitu Processor Intel Core i7 8750H , Ram 8Gb ,  VGA GTX1050Ti dan Hardisk 1TB saat baru rilis masih mantap digunakan. Tapi, seiring berjalan waktu, updatean dan masa guna, lama kelamaan performa Hardisknya semakin menurun. Hal ini tentu saja membuat pengalaman penggunaan laptop ini akan semakin menurun. Apa yang dapat kita lakukan untuk bisa mengembalikan performa laptop ini? Jawabanya hanya satu. Upgrade SSD dan Reinstall Windows nya. 

Laptop Asus TUF FX505GD ini secara default dari pabrikan sudah menyediakan satu socket M.2 Nvme untuk keperluan Upgrade. Hal ini tentu saja sangat membantu, dikarenakan kita bisa menambah SSD tanpa harus melepas Hardisknya. Opsi upgrade lainnya juga ada yaitu menambah satu RAM lagi. Tapi ditutorial ini kita fokus pada upgrade SSDnya.

Apa saja yang diperlukan dan bagaimana langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk Upgrade SSD pada laptop ASUS TUF FX505GD ini? Berikut ulasanya.

Alat dan Bahan yang perlu dipersiapkan.

  1. Obeng plus kecil
  2. SSD type M.2 Nvme. Disini kita menggunakan SSD NVME Samsung Evo 970 Plus.
  3. Keberanian**

Langkah-langkahnya.

Pertama membuka cover belakang laptop Asus TUF FX505GD ini. Dibelakang laptop ini ada 11 baut yang harus dilepas. Detail seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar 1. Posisi baut pada Asus TUF FX 505GD. Total ada 11 baut.

 

Kemudian, setelah cover belakang nya terlepas fokus diarea kiri, terdapat socket SSDnya. Seperti gambar dibawah ini.

Gambar 2. Lingkaran merah sebelah kiri itu adalah posisi SSD Nvme nya dipasang.

 

Selanjutnya, tinggal memasang SSD nya disocket tersebut. Perhatikan gambar 3.

Gambar 3. Posisi SSD sudah terpasang disocketnya.

 

Pada tahap ini, SSD sudah selesai dipasang. Sisa terakhir adalah memasang kembali cover belakangnya dan melakukan pengecekan dari sistem BIOS nya, apakah sudah terbaca atau belum.

JIka sudah terbaca dari sistem BIOS, berarti sudah berhasil memasang SSDnya. Untuk instalasi Windowsnya, bisa diikuti tutorial di artikel dibawah ini.

Tutorial Instalasi Windows 11 Lengkap Dengan Gambar

 

Sekian, sampai jumpa.

You may also like...