Cleaning Laptop Dan Ganti Pasta Secara Berkala, Perlu Gak Sih ?

Sumber Gambar : Freepik.com

Guys, kalian yang sudah biasa menggunakan laptop dalam memenuhi kegiatan sehari-hari nya pasti kadang memiliki pemikiran seperti ini, ” kira-kira, perlu gak sih cleaning dan ganti pasta processornya secara berkala? ” , hayo kira-kira bagaimana jawabanya, admin jawab ya, PERLU BANGET.

Kenapa harus secara berkala, karena hal ini akan membuat kondisi dalaman laptop kamu tetap bersih, terutama di bagian pendinginan Fan dan Kisi-kiri fan nya. Sedikit banyak faktor kebersihan ini akan sangat mendukung performa laptop kamu loh, gak tau ya ?

Jadi gini.

Dalam laptop yang tipis itu, terdapat komponen penghasil panas yang utama yaitu Processor dan GPU nya. Bisa dibayangkan kan, bagaimana panasnya kedua komponen ini jika dalam casing yang tipis tersbut ternyata terdapat debu dan banyak penghalang keluarnya panas yang dihasilkan. Hal ini tentu saja akan membuat performa kedua komponen tersebut menjadi terbatas karena panas yang dihasilkan. Serta kisi-kis Fan yang kotor membuat putaran nya menjadi turun akibat berat Fan nya bertambah karena ada debu dan kotoran yang menempel pada kisi-kisi Fan nya. Kasus ini paling banyak terjadi pada Laptop yang memiliki spesifikasi tinggi.

Misalnya, Asus ROG, Asus TUF, Lenovo Legion, Acer Nitro, Dan masih banyak lagi jenis-jenis laptop spesifikiasi tinggi yang mesti kamu jaga kebersihan di dalamnya. Karena, hal ini selain mempengaruhi performa, juga berpengaruh terhadap ketahanan dari laptop itu sendiri.

Kira, berapa bulan / tahun sekali ya baiknya untuk dicleaning dan ganti pasta nya?

Menurut kita sih, paling tidak satu tahun sekali. Apalagi kamu type outdoor yang sering keluar rumah, nongkrong dan mabar di luar ruangan. Mungkin akan dipercepat misalanya enam sampai delapan bulan sekali. Karena, pemakaian diluar ruangan akan mempercepat proses masuknya debu kedalam kisi-kisi fan pendinginnya.

Pengen tahu bentukan fan laptop yang jarang di cleaning, seperti digambar di bawah ini ya

Kondisi Fan dan Pasta Prosessor sebelum dicleaning.

 

Kondisi Setelah dicleaning dan ganti pasta, perhatikan bedanya.

 

Bagaimana, masih mau menunggu sampai kisi-kisi Fan nya rusak dan harus ganti ?

 

Sekian, Sampai Jumpa.

 

You may also like...