Jangan Anggap Sama, Ini Loh Perbedaan Arsitektur 32Bit Dan 64Bit Dalam Komputer

Guys, kalian yang terbiasa menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows pernah sadar gak sih, Windowsnya menggunakan arsitektur 32Bit atau 64Bit, terus bedanya apa ya?

Jika kalian pernah mempertanyakan hal ini dan bingung dan tidak mendapatkan jawabanya, maka disini kita akan berikan penjelasanya secara sederhana dan mudah untuk dimengerti. Kepo ya, berikut penjelasanya.

Sebelum kita bahas Artistektur 32Bit atau 64Bit, ada baiknya kalian tahu dulu apa itu Arsitektur didalam dunia komputer.

  • Menurut Wikipedia, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cacheRAMROMcakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von NeumannCISCRISCblue Gene, dll

Jadi, dari penjelasan tersebut dapat diartikan secara sederhana bahwa Artistektur Komputer adalah model atau kosep perancangan dasar dari sebuah komputer.

Kemudian, dalam sistem operasi Windows itu sendiri dikenal ada dua macam arsitektur komputer yang biasa digunakan dalam seri Windowsnya yaitu 32Bit dan 64Bit.

Kenapa dinamakan 32Bit dan 64Bit ?

Awalnya intel membuat processor dengan kode nama Intel 80386. Ini adalah processor pertama intel yang menggunakan arsitektur 32bit, berangkat dari pembaruan sebelumnya yaitu Intel 8088 dan Intel 80286 yang kala itu menggunakan arsitektur 16Bit dan menjalankan sistem operasi DOS (Disk Operating System).

Lalu kenapa dinamakan 32Bit, hal ini berasal dari seberapa kemampuan sebuah processor yang dapat mengolah 232 data per satuan waktu. Untuk processor dengan Arsitektur 32Bit, prosessor ini mampu menunjukkan posisi memory 0 s/d 4.294.967.295 (4Gb-1) sehingga untuk prosessor yang menggunakan arsitektur 32Bit hanya bisa membaca memory maksimal 4Gb. 

Berbeda dengan Intel yang menggunakan arsitektur 64Bit, nama ini berasal dari kode nama IA-64 yaitu sebuah prosessor yang dibuat intel untuk pertama kalinya menggunakan arsitektur 64Bit . Untuk prosessor yang dibuat oleh AMD juga melakukan hal yang sama yaitu menggunakan arsitektur 32Bit dan 64Bit. Akan tetapi AMD diawal-awal AMD mengeluarkan prosessor, AMD menyematkan keduanya pada satu prosessor yang dinamakan AMD 64 atau nama lainnya AMD X86-64.

Kemudian, kenapa dinamakan 64Bit , hal ini berpatokan pada kemampuan sebuah prosessor yang dapat mengolah 264 data persatuan waktu. Untuk prosessor dengan Arsitektur 64Bit, prosessor ini mampu menunjukkan posisi memory dari 0 s/d 18.446.744.073.709.551.615 (16Gb-1) sehingga pada prosessor yang menggunakan arsitektur ini tidak lagi dibatasi hanya bisa membaca ram 4Gb saja, tapi sudah mampu melebihi hingga batas yang belum ditentukan.

Berangkat dari sistem diatas tersebutlah Windows ( juga dengan sistem operasi lainnya ) membuat operating sistemnya yang mampu menyesuaikan dengan jenis prosessornya. Apakah 32Bit atau 64Bit. Windows pun dibuat sedemikian rupa sehingga bisa membaca memory yang besarnya sesuai dengan kemampuan prosessornya.

Dari Operating Sistem yang menyesuaikan dengan Arsitektur prosessornya, programnya pun dibuat menyesuaikan. Sehingga kita kadang mendapati ada program yang hanya bisa dijalankan di sistem operasi   64Bit, dan tidak bisa di install dan dijalankan di sistem operasi 32Bit.

Dari segi performa pun 32Bit dan 64Bit memiliki kemampuan yang jauh berbeda. Performa 64Bit dengan semua dukuangan hardware dan manajemen memory yang lebih baik mendapatkan performa lebih baik dan tanggung dalam menjalankan program yang berat, semisalnya program design, rendering dan 3D.

Jadi seperti itulah kurang lebih penjelasan secara singkat mengenai perbedaan 32Bit dan 64Bit dalam sebuah Sistem Operasi komputer. Semoga sekarang sudah lebih paham ya.

Sampai Jumpa.

 

Header image : Background vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

You may also like...