Download Aplikasi FurMark Untuk Stress Test VGA dan Processor PC Kamu

Guys, kalian yang habis beli PC atau Rakit PC tapi masih ragu apakah VGA nya normal apa tidak atau processornya oke atau tidak, kali ini kita berikan satu referensi buat ngetestnya. Ya, aplikasi FurMark ini adalah jawaban yang kamu butuhkan. Kenapa FurMark? ayo kita bahas lebih lanjut.

FurMark adalah sebuah software yang dapat digunakan untuk menguji seberapa sehat VGA atau Processor yang ada di PC kamu ( buat laptop juga bisa sih, sama saja ). Karena, dengan menggunakan aplikasi ini dan dijalankan testing nya selama sekitar tiga sampai dengan empat jam, semua resources yang dimikili oleh PC kamu akan digunakan. Resources ini maksudnya adalah segala kemampuan, mulai dari “burn” processornya yaitu menguji ketahanan panas dari processornya dan juga sistem pendinginanya. Juga seberapa kuat VGA kamu menjalani stres test nya. Begitu juga dengan kemampuan dari Power Supplay nya, apakah mampu memberikan daya yang cukup untuk semua part dan komponen yang ada didalamnya.

Semua kemampuan PC kamu akan dimaksimalkan penggunaanya. Saat aplikasi ini dijalankan, kipas pendingin pada processormu akan ngebut, begitu juga pada VGA nya, jangan khawatir dengan ini. Karena semua ini adalah normal. Apabila, selama tiga sampai empat jam testing, PC kamu aman-aman saja, tidak ada ngrestart, mati, atau bluescreen, berarti kondisi part dalam PC kamu bisa dikatakan normal semua. Dan apabila terjadi, hank, bluescreen, stuck , macet, bahkan sampai restart atau mati, maka kamu perlu memriksa semua part penting dalam PC kamu. Pengecekan mulai dari RAM, VGA, Processor, PSU dan Motherboardnya perlu untuk dipastikan ya.

Dimana bisa mendapatkan aplikasi FurMark ini? dibawah ini sudah disediakan link Downloadnya ya.

Download FurMark 

Catatan, pastikan sudah mendownlaod yang  versi paling baru ya.

Cara menggunakan FurMark.

Pertama, install FurMark seperti biasa. Di Windows biasa lah, klik next-next-finish.

Kemudian, buka atau jalankan aplikasi Furmark nya. Yang perlu diperhatikan :

  • Jalankan dulu CPU Burner nya. Untuk apa ini, sudah dijelaskan diatas.
  • Pilih resolusi. Disini sesuaikan dengan kemampuan VGA kamu dan resolusi layar monitor yang digunakan. Misalnya, VGA nya GTX1650Ti, dan menggunakan monitor Full HD, maka disetingan resolusinya pilih yang. 1920 x 1080.
  • Gambar pendukung :
  • Sumber  Gambar : Galery FurMark
  • Terakhir, klik GPU Stres Test
  • Sudah ,begitu saja. Kalian tinggal menunggu selama tiga sampai empat jam, apabila tidak terjadi apa-apa dengan PC kamu, berarti semua sehat walafiat.
  • Gambar saat test sedang berlangsung :
  • Sumber  Gambar : Galery FurMark

Header Image : Galery FurMark

Sekian, sampai jumpa.

You may also like...